SEJARAH BERDIRINYA STKIP PARIS BARANTAI KOTABARU

Oleh Admin Stkip, Selasa, 05 April 2016

Kabupaten Kotabaru yang berada diujung tenggara ibu kota Propinsi Kalimantan Selatan dan berjarak ± 400 Km dan memiliki luas wilayah ¼ Kalimantan Selatan dan memiliki geografis yang khas memiliki masalah tersendiri dalam hal penempatan guru – guru Sekolah Dasar untuk mengajar di kecamatan – kecamatan dan desa yang tersebar jauh dari ibu kota kabupaten kotabaru.

Berangkat dari hal tersebut diatas dan rasa keperdulian terhadap pendidikan di kabupaten kotabaru, maka didirikanlah Yayasan Pembina dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (YPPSDM) Paris Barantai Kotabaru yang tepatnya pada tanggal 23 Pebruari 2000 dengan Akte Notaris Nomor : 03 Tanggal 23 Pebruari Tahun 2000 pada Notaris “ ROLITA LUSIANA “ di Kotabaru. Dengan Akte Notaris tersebut didirikanlah Lembaga Pendidikan dengan nama Akademi Keguruan Paris Barantai (AKPB) D-II PGSD, dan dalam perjalanan waktu mampu memberikan kontribusi membantu Pemerintah Daerah dalam rangka memenuhi kekurangan tenaga pendidik di tingkat Sekolah Dasar khusus di Kabupaten Kotabaru dan Kabupaten Tanah Grogot Kalimantan Timur.

Sesuai dengan perkembangan dan majunya dunia pendidikan dengan dikeluarkannya UU Nomor : 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan UU Nomor : 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen serta Peraturan Pemerintah Nomor : 19 Tahun 2005 tentang Standar Pendidikan dimana dipersyaratkan kualifikasi tenaga pengajar untuk semua tingkat pendidikan minimal D-IV dan S1 untuk itu Akademi Keguruan Paris Barantai (AKPB) D-II PGSD mutlak harus dikembangkan.

Untuk menyikapi hal tersebut maka Yayasan Pembina dan Pengembangan SumberDaya Manusia (YPPSDM) Paris Barantai melakukan perubahan Akte Notaris Nomor : 03 Tanggal 23 Pebruari 2000 menjadi Akte Notaris Nomor : 1 Tanggal 3 Agustus 2009 dengan Surat Keputusan Mendiknas Nomor : 134/D/O/2009 tanggal 20 Agustus 2009, maka bergantilah Akademi Keguruan Paris Barantai (AKPB) D-II PGSD Kotabaru menjadi Sekolah Tinggi Keguruan Ilmu Pendidikan (STKIP) Paris Barantai Kotabaru dan telah ter-akreditasi Ban-PT.

Sekolah Tinggi Keguruan Ilmu Pendidikan (STKIP) Paris Barantai Kotabaru hingga sekarang memiliki jumlah mahasiswa dan alumni sebanyak ± 2.039 orang. STKIP Paris Barantai Kotabaru sekarang mempunyai 3 (Tiga) Program Studi Pendidikan Matematika, Pendidikan Bahasa dan Satra Indonesia, Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi. Sedangkan fasilitas yang dimiliki oleh STKIP Paris Barantai Kotabaru Gedung Perkantoran berlantai 2, Ruang Perkuliahan dengan fasilitas AC dan LCD Proyektor, Laboratorium Komputer, Laboratorium Matematika, Ruang Mokro Teaching, Perpustakaan dan terdaftar pada perpustaan Nasional dengan Nomor Pokok Perpustakan : 630202B200001 dan STKIP Paris Barantai Kotabaru memiliki luasan lahan sebesar 15.000 M3 beralamat di jalan Veteran Km. 2 No. 15 B Komplek Perikanan Kotabaru.

Adapun lulusan STKIP Paris Barantai kotabaru tersebar di Kalimantan Selatan dan Kalimantan Timur baik sebagai PNS, Perbankan dan Perusahaan swasta lainnya.

Kedepan STKIP Paris Barantai Kotabaru telah mengajukan Permohonan kepada Kementrian Ristek untuk penambahan 2 program studi yaitu Program Studi Pendidikan PAUD dan Program Studi Pendidikan PGSD dan juga STKIP Paris Barantai Kotabaru melalui Dinas Bina Marga Pemerintah Kabupaten Kotabaru telah mengusulkan untuk Pembangunan Rumah Susun (RUSUNAWA) mahasiswa didalam lingkungan Kampus STKIP Paris Barantai guna menampung mahasiswa/i STKIP Paris Barantai Kotabaru yang berasal dari luar ibu kota kabupaten. Untuk kegiatan tahun 2016 ini STKIP Paris Barantai Kotabaru membangun Lapangan Olah Raga guna praktek olah raga Prodi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi.   

Untuk tahun akademik 2016/2017 ini kembali STKIP Paris Barantai Kotabaru menerima Mahasiswa/i Baru untuk 3 (tiga) Program Studi S1 :

  1. Program Studi Sarjana S1 Pendidikan Matematika
  2. Program Studi Sarjana S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
  3. Program Studi Sarjana S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi

Terbetik sebuah Pantun “ Kalau ada pelita, kenapa kita harus membeli lilin, kalau sudah ada diwadah kita kenapa harus kelain “

Mari bergabung bersama STKIP Paris Barantai Kotabaru dengan moto : “ Bersama mencerdaskan anak bangsa “

Kotabaru, 5 April 2016

Penulis,

Dosen STKIP Paris Barantai Kotabaru

Drs. H. Syaiful Bahri, M.Si